Senin, 24 Mei 2010

Text to Speech (menciptakan suara dari teks)

Suatu waktu saya memerlukan suara berisi ucapan seseorang (pria, wanita, robot) untuk ringtone & aplikasi saya...
Terpikir oleh saya, apakah ada aplikasi yang bisa membantu saya, mengucapkan kata/kalimat sesuai permintaan saya? tanpa perlu merekam dengan microphone?

Googling dengan key : "text to wav" atau "text to speech" ternyata menghasilkan beberapa link aplikasi baik yang berbayar maupun free.

Text To Speech (TTS) adalah istilah aplikasinya,

Fungsi aplikasi ini adalah :
  1. membantu membacakan teks atau instrumen (waktu, remainders, narasi, dll) dengan suara
  2. kalau diperlukan, anda dapat menyimpannya kedalam format suara (*.wav atau *.MP3)

Tentu yang free lah yang saya perlukan... :)

Andapun dapat mendownload aplikasi TextToSpeech ini secara gratis di link di bawah ini :

2. Speak Computer Text To Speech (http://www.speakcomputers.com)


Dari ketiga aplikasi gratis diatas, menurut saya TextToWav-lah yang lebih baik karena dukungan jenis suara
yang cukup lengkap dan dapat didownload secara gratis pula. (male, female, Robot, whisper, space, stadium,
Italian, American, British, Spanish, Dutch, Germany, Japanese, Korean, Brazillian, Russian)

Tetapi jika feature yang anda butuhkan, maka Speak Computer bisa jadi pilihan. Aplikasi ini mempunyai fitur untuk
- pembacaan teks
- pembacaan tanggal
- remainders
- pembacaan web
- pembacaan narasi presentasi
- dll



Well Guys, Selamat mencoba!

(c)2010, Yoga DC, Nurul Fikri Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar