- Tangga dak beton
- Tangga dengan 1 atau 2 balok tumpuan (biasanya kayu / baja)
- Tangga melingkar (spiral / helix)
TANGGA DAK BETON
Langkah penggambarannya adalah : (lihat animasi di bawah ini)
- Buatlah denah tangga terlebih dahulu, dengan lebar anak tangga yang direkomondasikan (misalnya : 30 cm x 120 cm). misalnya diperlukan 'landing', juga dengan lebar yang cukup(misalnya 120 cm)
- Perhitungkan elevasi akhir lantai atas untuk menentukan berapa ketinggian 'step' anak tangga. Misalnya elevasi atas 400 cm, berarti dibutuhkan 16 step dengan ketinggian 25 cm
- Gambar potongan step anak tangga pada sisi denah, termasuk ketebalan pelat beton hingga posisi 'landing'
- Gambarkan juga potongan step anak tangga pada sisi denah yang lain dari 'landing' hingga posisi lantai atas.
- Bentuklah potongan tangga itu menjadi region atau polyline, sehigga bisa di-extrude selebar 120 cm
- Jangan lupa perhitungkan celah tangga (misalnya 20 cm), artinya ukuran 'landing' = 2 x lebar tangga + lebar celah tangga.
- Setelah potongan tangga di extrude, langkah selanjutnya adalah membuat railing tangga.
- Buatlah tiang railing pada setiap anak tangga dan pada 'landing' secukupnya dengan ukuran yang sama (misalnya : pipa diameter=5cm, tinggi=80cm), yaitu dengan membuat lingkaran r=2.5cm lalu di extrude 80cm. Anda bisa memperbanyak dengan perintah copy
- Untuk membuat handrail, diawali dengan membuat 3dpoly mengikuti setiap puncak tiang railing.
- Buatlah penampang handrail (misalnya lingkaran r=8cm di ujung 3dpoly tegaklurus arah 3dpoly (anda perlu merubah UCS tegak lurus 3dpoly)
- Handrail dibentuk dengan mengextrude penampang handrail mengikuti 'path' 3dpoly
- Terakhir, ujung-ujung handrail biasanya diakhiri dengan sphere.
TANGGA DENGAN 1 - 2 BALOK TUMPUAN
Langkah penggambarannya adalah : (lihat animasi di bawah ini)
- Buatlah denah tangga terlebih dahulu, dengan lebar anak tangga yang direkomondasikan (misalnya : 30 cm x 120 cm). misalnya diperlukan 'landing', juga dengan lebar yang cukup (misalnya 120 cm)
- Perhitungkan elevasi akhir lantai atas untuk menentukan berapa ketinggian 'step' anak tangga. Misalnya elevasi atas 400 cm, berarti dibutuhkan 16 step dengan ketinggian 25 cm
- Gambar potongan step anak tangga pada sisi denah, balok-balok tumpuan, dan landing. (anak tangga terpisah dengan balok tumpuan)
- Gambarkan juga potongan step anak tangga pada sisi denah yang lain dari 'landing' hingga posisi lantai atas.
- Extrude-lah anak-anak tangga sesuai lebar yang diinginkan
- Extrude-lah balok=balok tumpuan, dan posisikan pada posisi yang seharusnya.
- Extrude-lah landing sesuai ukuran yang ditentukan
- Setelah potongan tangga di extrude, langkah selanjutnya adalah membuat railing tangga.
- Buatlah tiang railing pada setiap anak tangga dan pada 'landing' secukupnya dengan ukuran yang sama (misalnya : pipa diameter=5cm, tinggi=80cm), yaitu dengan membuat lingkaran r=2.5cm lalu di extrude 80cm. Anda bisa memperbanyak dengan perintah copy
- Untuk membuat handrail, diawali dengan membuat 3dpoly mengikuti setiap puncak tiang railing.
- Buatlah penampang handrail (misalnya lingkaran r=8cm di ujung 3dpoly tegaklurus arah 3dpoly (anda perlu merubah UCS tegak lurus 3dpoly)
- Handrail dibentuk dengan mengextrude penampang handrail mengikuti 'path' 3dpoly
- Terakhir, ujung-ujung handrail biasanya diakhiri dengan sphere.
TANGGA SPIRAL
Langkah penggambarannya adalah : (lihat animasi di bawah ini)
- Buatlah denah tangga spiral terlebih dahulu, dimulai dengan tiang tangga ditengah (misal r=5cm), dan anak tangga dengan membagi rata lingkaran (misal r=150cm) menjadi 16 anak tangga (gunakan perintah array-polar)
- Extrude-lah tiang tangga lebih tinggi dari elevasi lantai atas (misalnya = 500cm)
- Bentuklah 1 segmen anak tangga menjadi region / polyline. lalu extrude setebal 5cm
- Berbeda dengan tahapan pada jenis tangga yang lain, tiang railing harus sudah digambarkan pada tahap ini, (misalnya : pipa diameter=5cm, tinggi=80cm), yaitu dengan membuat lingkaran r=2.5cm lalu di extrude 80cm.
- Array kembali 1 segmen anak tangga dan juga tiang railing tsb menjadi 16 anak tangga
- Buatlah 1 garis searah tiang (ke atas) dengan panjang 400cm (elevasi lantai atas)
- Bagilah garis tsb menjadi 16 dengan perintah divide.
- Set osnap hanya untuk titik 'NODE'
- Pindahkan setiap anak tangga dan tiang railing pada ketinggian yang teratur, yaitu setiap kenaikan 25cm (atau berdasarkan titik 'node' yang terdapat pada garis.
- Setelah anak tangga dan tiang railing sudah pada posisinya, langkah selanjutnya adalah membuat handrail.
- Membuat handrail, diawali dengan membuat 3dpoly mengikuti setiap puncak tiang railing.
- Buatlah penampang handrail (misalnya lingkaran r=8cm di ujung 3dpoly tegaklurus arah 3dpoly (anda perlu merubah UCS tegak lurus 3dpoly)
- Handrail dibentuk dengan mengextrude penampang handrail mengikuti 'path' 3dpoly
- Terakhir, ujung-ujung handrail biasanya diakhiri dengan sphere.
Jangan Menyerah!
(c) 2009 Nurul Fikri Computer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar