Rabu, 20 Mei 2009

Make hires JPG format from AutoCAD

Arsitek / Desainer seringkali melakukan kerja bareng antar software aplikasi misalnya :
AutoCAD & Adobe Photoshop, untuk mempercantik tampilan disain denah ataupun hasil render 3D.




Ada perbedaan jenis file yang digunakan oleh AutoCAD dan Photoshop. AutoCAD memiliki jenis file Vector grafik (*.dwg) yang sejenis dengan (*.cdr *.wmf *.ai dll), sedangkan Photoshop memiliki jenis file raster image (*.psd) yang sejenis dengan (*.jpg *.tif *.bmp dll)

Vektor grafik memiliki kemampuan editing yang baik tanpa kehilangan kualitas/ketajaman gambar, sedangkan raster image dalam pengolahannya dapat terjadi pengurangan kualitas/ketajaman gambar.

oleh karenanya pada jenis file photoshop, untuk melakukan editing, dibutuhkan source file yang memiliki resolusi cukup tinggi agar dapat diolah dengan mudah dan menghasilkan hasil editing yang baik.

Biasanya, hasil gambar AutoCAD yang akan dikombinasikan dengan editing di Photoshop, harus di konversi ke jenis file raster image dengan resolusi yang cukup tinggi, misalnya file JPG (*.jpg)

Langkah yang dapat dilakukan yaitu :
  1. Klik tab layout

  2. set untuk awal tipe plotter "DWF e-plot" untuk memunculkan pilihan berbagai macam tipe kertas

  3. set ukuran kertas yang cukup bear A3/A2/A1 tergantung kebutuhan ketajaman editing di Photoshop.

  4. Ubah tipe printer dari "DWF e-plot" menjadi "Publish to JPG", akan muncul dialog yang menanyakan konversi ukuran kertas menjadi ukuran pixel, pilihlah custom size

  5. Ukuran kertas sudah di konversi menjadi ukuran pixel. Anda tinggal melakukan positioning gambar, mana yang akan dikonvert menjadi file raster image (*.jpg) melalui viewport.

  6. Lakukan proses Print. selanjutnya AutoCAD akan menanyakan nama file *.jpg anda yang sudah memiliki resolusi gambar yang cukup tinggi.


  7. selanjutnya anda bisa melakukan editing di Photoshop.


Selamat Mencoba!
(c) 2009 Nurul Fikri Computer

2 komentar:

  1. mas kalo buat denah seperti gambar di atas tuh bgmna yach...sy lom ngrti..tuh mobil,tmpat tidur, sofa, rumput halaman ma tanaman2 nya dari mana..?

    harap balasan nya....trmkasih...

    BalasHapus
  2. Kalo untuk retouching gambar seperti ini, dari denah AutoCAD yang telah dikonversi ke file raster (misal : JPG), maka di finishing di Adobe Photoshop. mengenai obyek2 seperti sofa, bed, mobil, pohon, dll, anda bisa mencari file2 nya di internet, di toko2 software (Texture, image library), kemudian di touch di Photoshop untuk efek cahaya, bayangan dll. Disini butuh kreatifitas anda...

    Salam
    Yoga

    BalasHapus