Kamis, 09 Oktober 2008

AutoCAD : SIMULASI PLOTTER untuk Pemula

Bagi user AutoCAD yang baru belajar menggunakan aplikasi ini dirumah, kebanyakan belum memiliki pengalaman, bagaimana melakukan pencetakan dengan PLOTTER, karena biasanya dirumah hanya memiliki printer yang rata-rata berukuran maksimal A4 [210x297mm], A3[420x297mm], hingga A2[420x594mm].

A4 Size Printer

A3 Size Printer

A2 Size Printer

Plotter A1, A0 Size

   
Penggunaan PLOTTER disini dimaksudkan karena Plotter memiliki kemampuan cetak dengan format kertas yang sangat besar (Wide Format Paper), misalnya : A1 [ 841x594mm] dan A0 [841x1189mm].

Nah untuk membantu para pemula belajarmelakukan ‘simulasi’ menggunakan Plotter, maka dapat kita manfaatkan jenis printer/plotter DWF ePLOT, yang ada dalam list daftar printer AutoCAD.

*.DWF (Drawing Web Format) adalah format file lain yang dihasilkan AutoCAD, yang digunakan untuk keperluan melakukan koordinasi proyek antar user CAD yang saling berjauhan lokasi menggunakan jalur internet (web)
Mengapa jenis printer DWF ePLOT ini dapat kita manfaatkan? Karena jenis Printer ini, memiliki daftar ukuran kertas dengan format yang lengkap (A4, A3,…, hingga A0), yang tidak ditemukan pada printer anda dirumah…

Nah, selamat mencoba, teman… Semoga sukses…
(c) 2007 - Yoga DC - NurulFikri Computer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar